Jumat, 04 September 2015

Hutan di tengah Kota

Hai…buat kamu yang suka jalan- jalan atau sekedar mencari tempat hangout tapi budget terbatas ,, jangan khawatir … gausah jauh – jauh ke luar kota atau ke luar negeri , di Jakarta juga ada kok . letaknya pun strategis dan mudah dijangkau dan dijamin ga bakalan kuras dompet kalian guys.

Di kawasan sekitaran Jakarta barat , lokasi ini terdapat di tengah kota. Yaps buat yang udah pernah kesini pasti tau ,berciri khas dengan banyak nya pepohonan yang udah ratusan tahun dan lokasi ini biasanya di jadikan tempat yang asik untuk sekedar refreshing dan memancing atau jalan-jalan sore. Lokasi ini dinamakan Hutan Kota Srengseng .


Secara administratif Hutan Kota Srengseng termasuk Kelurahan Srengseng, Jakarta Barat. Terletak di Jalan Haji Kelik, dengan koordinat geografis 6º13’12”LS dan 106º49”BT, atau kalau mau cari di google maps koordinatnya-6.208783, 106.764093. Luasnya 15 ha, cukup luas untuk ukuran hutan kota. Hutan ini memiliki fungsi utama sebagai hutan konservasi dan daerah resapan air.




Biaya nya cukup terjangkau, hanya dengan membayar tiket masuk Rp.3000/motor untuk dua orang dan Rp. 2000 untuk parkir kendaraan bermotor . cukup murah bukan ?
Lokasi ini berada di tengah pemukiman penduduk , memang sih lokasi nya aga susah dijangkau untuk mereka yang naik angkutan umu. Tapi, jangan khawatir guys..kita bisa berjalan kaki untuk masuk kedalam nya  sekitar 30 menit juga sampai kok, hitung-hitung jalan –jalan sore.




Disini terdapat banyak pohon yang umur nya sudah ratusan tahun ,namun sayang lokasi ini kurang perhatian dari penduduk sekitar dan pengelola. Banyak ditemukan beberpa fasilitas yang sedikit rusak dan terkadang ditemukan nya gundukan sampah di antara semak-semak atau rerumputan.
Pada saat saya kunjungan ke lokasi kebetulan lokasi ini sedang ramai dikunjungi para pemancing, namun sayang air di danau sekitar sedang surut yang menyebabkan ekosistem di dalam air banyak yang mati.
Di terik panasnya matahari saya merasakan kesejukan yang belum pernah saya rasakan sebelumnya  walau hanya sedikit yang bisa dirasakan tetapi nyaman sekali rasanya.  Diseberang danau saya melihat ada sekawan mamalia yang bergerombol dibalik pepohonan dan berekor panjang.







Dan ternyata mereka adalah beberapa ekor kera yang turun untuk mencari makan ,namun apa daya tangan ini tak sampai, kera –kera itu terlihat kurus dan tampak lemas bahkan beberapa ada yang jalan tersengal – sengal . Nampak seperti ada masalah dibagian kaki kera itu. Kulihat ada beberpa bangkai ikan yang sudah mulai mengapung .





Seandainya bila musim hujan turun mungkin ikan –ikan didanau akan lebih banyak dan pemancing pun banyak berdatangan , lalu kumpulan kera itu pun tidak akan menderita kelaparan




Jalan yang berkelok-kelok serta banyak nya akar dan ranting pohon yang menjalar membuat kesan tersendiri dari lokasi ini. Jarang kan ada hutan di tengah kota .








Yuk guys lestarikan lingkungan mulai dari sekitar kita, supaya kelak hasil nya bisa dinikmati oleh penerus atau anak cucu kita. Ajarkan mereka tentang alam agar mereka tidak asing dilingkungannya sendiri .

#challenge http://www.saidahumaira.com/


Tidak ada komentar: